Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Rembes di Bawah Mesin

Tips Otomotif - Apa yang menyebabkan Oli Rembes di Bawah Mesin Motor? dan Bagaimana memperbaiki Oli yang rembes di blok mesin? Nah kali ini kita akan coba mengatasi oli mesin motor rembes atau bocor di bagian mesin. Kalian yang hobi banget dengan mesin-mesin cocok banget kalau udah cek artikel ini. Oli, adalah sesuatu yang penting, yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Permasalahan yang menjadi momok jika mesin telah mengalami pemakaian selama + 5 tahun ialah Oli yang rembes di bawah mesin. Tetapi tidak menutup kemungkinan, jika mesin baru juga terkadang mengalami masalah yang sama.

Oli rembes di bawah mesin memiliki banyak faktor. Yang perlu kalian ketahui adalah apa yang menjadi penyebab dari masalah oli yang rembes pada mesin tersebut

Penyebab Oli Rembes/Bocor di Bawah Mesin

Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Rembes di Bawah Mesin

Beberapa bagian mesin yang sering mengalami rembesan oli dari mesin :

1. Oli Rembes diantara Silinder Head dan Silinder Blok Mesin
Bagian ini adalah yang paling sering terjadi rembesan. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya debu yang menempel dan akhirnya menjadi kerak.

Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut diantaranya:


Silinder Head    
Gambar ini merupakan gambaran dari rembesan oli yang sering terjadi di silinder head motor, ada beberapa faktor penyebabnya, diantaranya :
  • O-ring yang tutup Klep mengalami kerusakan.
  • Daya tahan atau umur pakai dari Perpak atau Packing Silinder Head sudah rusak atau memang minta diganti




Dua faktor diatas biasanya merupakan faktor yang paling sering menyebabkan oli rembes di bagian blok mesin. Cara mengatasi oli yang rembes di bagian blok mesin seperti ini yaitu dengan mengganti O-ring dan Perpak atau Sealant Cylinder Head Gasket baru.


2. Oli Rembes di Bgaian Persnelling atau Starter Engkol
Jika mengalami Oli yang rembes pada As engkol atu As gigi atau persneleng, kemungkinan besar penyebabnya adalah Seal yang terdapat pada As Engkol dan Seal As Gigi yang mengalami kerusakan. Pada As engkol atau starter kaki terdapat seal yang membatasi oli keluar. Jika seal bocor maka oli akan merembes dan menetes.

Untuk mengatasi Seal yang mengalami kerusakan akibat rembesan Oli Mesin keluar pada As Engkol atau pun As Gigi solusinya dengan mengganti Seal as baru.

3. Oli Rembes di Area Bak Mesin atau Tutup Kopling
Jika Oli rembes di bagian tutup kopling atau bak mesin, biasanya akibat perpak atau gasket pada tutup kopling mengalami kebocoran. Satu-satunya jalan untuk mengatasi agar oli tidak menetes yaitu dengan mengganti perpak baru.

 4. Oli rembes atau bocor dari sela-sela mesin motor.
Pada intinya kebocoran yang terjadi akibat seal atau erpak yang sudah tidak berfungsi dengan bagik. Pada sela-sela mesin terdapat perpak. Jika mengalami rembes oli berarti perpak sudah perlu diganti atau rusak.

Harga Paking/Perpak Mesin Motor

Harga perpak atau Packing mesin motor berkisar sekitar 50 ribu sampai 100 ribu.

5. Oli rembes atau bocor pada bagian baut oli motor.
Nah, jika terjadi kebocoran oli di tutup atau baut oli, kemungkinan besar baut sudah rusak atau ulirnya sudah aus sehingga oli dapat menetes melewati sela-sela baut. Atau bisa juga ring pada baut sudah rusak atau menjadikannya kurang rapat. Untuk mengatasinya dengan cara mengganti baut oli baru atau bisa juga diakali dengan memasang seal tape pada baut sebelum dipasang.

Jika anda mengalami Mesin Motor Brebet, mungkin anda bisa membaca Cara Mengatasi Motor Brebet atau tersendak

Demikian cara mengatasi Oli rembes di bagian mesin baik di area bawah mesin ataupun di bagian lain seperti tutup kopling dan juga blok mesin. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah oli rembes di motor kesayangan anda. Salam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Motor Roda Tiga Nozomi Terbaru 2017

Foto dan Tips Modif Satria FU Terbaru